Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Hadits nabi Tentang Keutamaan Kuda

Table of contents: [Hide] [Show]

Hadits nabi Tentang Keutamaan Kuda  – Berikut ini beberapa kumpulan hadits Nabi Muhamad Shollallohu Alaihi Wasallam yang membahas seputar kuda dan menunggang kuda.

Macam Macam Kuda

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،

قَالَ:” الخَيْلُ لِثَلاَثَةٍ: لِرَجُلٍ أَجْرٌ، وَلِرَجُلٍ سِتْرٌ، وَعَلَى رَجُلٍ وِزْرٌ

 

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Maslamah, dari Malik, dari Zaid bin Aslam, dari Abi Shalih bin as-Sammaan, dari Abu Hurairah Rodiyallohu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Bahwasannya beliau bersabda :

“Kuda itu ada tiga macam. Yaitu Kuda bagi seseorang menjadi pahala, kuda bagi seseorang yang  menjadi pelindungnya ( upah ) dan kemudian kuda bagi seseorang yang menjadikannya dosa.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ

قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ

وَسَلَّمَ الْخَيْلُ مَعْقُودٌ فِي نَوَاصِيهَا الْخَيْرُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Dari Abu Hurairah Rodiyallohu ‘Anhu  ia berkata.  “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Bahwa Pada ubun-ubun kuda tertulis kebaikan hingga hari kiamat”.

 

عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ

أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ فِي الْجَنَّةِ مِنْ خَيْلٍ

قَالَ إِنْ اللَّهُ أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ فَلَا تَشَاءُ أَنْ تُحْمَلَ فِيهَا عَلَى فَرَسٍ مِنْ يَاقُوتَةٍ حَمْرَاءَ يَطِيرُ بِكَ فِي الْجَنَّةِ حَيْثُ شِئْتَ

Dari ‘Alqamah bin Murtsid dari Sulaiman bin Buraidah dari ayahnya, seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam: Wahai Rasulullah, apakah di surga ada kuda? Beliau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam  menjawab: Bila Allah memasukkanmu ke surga, kemudian kau akan dibawa di atas kuda dari permata merah di surga yang membawamu terbang di surga semaumu.”

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

يُمْنُ الْخَيْلِ فِي الشُّقْرِ

قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ مِنْ حَدِيثِ شَيْبَانَ

Dari Ibnu Abbas Rodiyallohu ‘Anhu ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berkah kuda itu pada warna blonde (merah kekuning-kuningan). ” Abu Isa berkata, “Hadits ini derajatnya hasan gharib, kami tidak mengetahui hadits ini dari hadits Syaiban kecuali dari jalur ini.”

 

 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700