Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Lebih Dekat Dengan Hewan Kuda

Table of contents: [Hide] [Show]

Lebih Dekat Dengan Kuda

Oleh: Stella A. T. Angela

Berkuda nampaknya masih dianggap sebagai aktivitas yang mahal. Harga kuda, biaya perawatan, serta peralatan berkuda yang tidak murah membuat kebanyakan masyarakat ragu untuk mencoba berkuda. Seiring berjalannya waktu, mulai bermunculan tempat penyedia layanan berkuda yang menawarkan paket berkuda dengan harga bervariasi.

Sejak lama kuda telah menjadi hewan ternak yang berperan penting secara ekonomis. Dahulu kuda telah dimanfaatkan untuk transportasi manusia dan pengangkutan barang. Bergantinya jaman, kuda tidak hanya bermanfaat  sebagai transportasi namun sebagai sarana rekreasi dan berolahraga seperti pacuan kuda, ketangkasan berkuda, dan polo.

Jenis kuda sangat beraneka ragam. Setiap jenis kuda memiliki karakteristiknya masingmasing. Jenis kuda untuk rekreasi berbeda dengan kuda untuk olahraga. Kuda poni adalah kuda yang biasa kita jumpai di tempat rekreasi. Kuda ini memiliki postur tubuh yang kecil dan cara berjalan yang santai sehingga anak-anak banyak yang menyukainya. Lain halnya dengan thoroughbred yang perawakannya besar dan gerakannya lincah, membuat kuda ini digunakan sebagai sarana berolahraga.

Menurut Katherine Blocksdorf, berkuda bisa menjadi olahraga dengan tiga aspek sekaligus yaitu mental, fisik, dan spiritual. Olahraga berkuda tidak hanya sekedar duduk saja seperti yang dikira kebanyakan orang, namun ternyata berkuda membutuhkan energi yang cukup, si pengendara harus dalam  posisi duduk yang benar dan memegang tali kendali dengan tepat sehingga memerlukan keseimbangan dan koordinasi tubuh.  Berkuda akan banyak membuat keringat bercucuran, karena semua otot tubuh akan bekerja sehingga tidaklah herab salah satu manfaat berkuda adalah untuk membakar lemak. Mengendalikan kuda merupakan sebuah tantangan sekaligus salah satu kesenangan. Jika seseorang  berhasil mengendalikan kuda dengan baik dan benar maka dia akan merasa senang dan puas. Hal inilah yang membuat pikiran kita lebih positif dan tentunya akan membuat imun seseorang akan bertambah. Selain itu banyak orang yang menemukan persahabatan sejati dengan kuda kesayangannya dan sekaligus menjadi hiburan saat dia sedang berkuda.

 

Anda tertarik berkuda ?

Silahkan kunjungi JJ Stable Jogja

Modinan, Banyuraden, Gamping, Sleman, DIY

Hp. 085755997700

 

Baca Juga :  17 Manfaat Berkuda

 

Referensi:

https://manfaat.co.id/

https://id.classicfoxvalley.com/

https://elib.unikom.ac.id/

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700