Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

17 Manfaat Menakjubkan dari Berkuda

Table of contents: [Hide] [Show]

17 Manfaat Menakjubkan dari Berkuda

17 Manfaat Menakjubkan dari Berkuda – Menunggang kuda memang bukan untuk semua orang, tetapi bagi mereka yang menjadi penunggang kuda, olahraga ini hadir dengan berbagai manfaat.

 

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mencoba menunggang kuda sendiri dan bertanya-tanya apa manfaat sebenarnya dari menunggang kuda? Atau mungkin Anda bertanya pada diri sendiri apakah itu aktivitas yang tepat untuk anak Anda? Mungkin Anda mencoba meyakinkan teman atau sahabat untuk bergabung dengan Anda.

Nah, biarkan kami dari JJ Equstrian Jogja membantu Anda menjelaskannya itu!

 

Manfaat Fisik

 

  1. Keseimbangan dan Koordinasi

Apa yang membuat pengendara tetap di pelana adalah yang pertama dan terpenting adalah kemampuan untuk menyeimbangkan diri. Dengan setiap langkah yang diambil kuda, pengendara perlu melakukan sedikit penyesuaian agar tetap di pelana dengan bentuk yang benar. Selain itu, dia harus mengoordinasikan penggunaan semua alat bantu pada waktu tertentu untuk mengirim sinyal yang benar ke kuda. Dan mari kita perjelas, kita tidak hanya berbicara tentang bantuan mana yang digunakan, tetapi juga tingkat tekanan yang diterapkan, durasi dan terus-menerus mempertahankan keseimbangan yang akan mencapai hasil yang optimal. Ini bagian fisik, bagian sains benar-benar!.

 

2. Kekuatan Inti dan Kaki

Tetap di atas kuda dalam gerakan membutuhkan kekuatan, selain keseimbangan dan koordinasi, bantuan dan aktivasi berbagai macam otot. Bagi siapa saja yang pertama kali bersepeda atau kembali ke sadel setelah istirahat, Anda akan sangat akrab dengan rasa sakit dan nyeri yang dapat terjadi di tempat-tempat tertentu.

 

Secara khusus, otot kaki dan inti sangat terlibat karena tempat duduk dan postur pengendara sangat didukung oleh otot inti, dan kedua kaki mencengkeram pelana tetapi juga sebagai bantuan penting untuk berkomunikasi dengan kuda.

 

Jika Anda ingin memperkuat area ini untuk berkuda, lihat Program Latihan Cara Duduk Berkuda.

 

3, Latihan Kardio

Sementara beberapa kuda lebih menantang secara fisik untuk dikendarai daripada yang lain, tidak ada yang bisa mengklaim bahwa sesi berkuda intensif di arena tidak membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Kuda pemula sebenarnya bisa lebih melelahkan untuk dikendarai daripada kuda tingkat lanjut, karena seringkali respons (atau kekurangannya) terhadap bantuan pengendara yang sebagian besar menentukan tingkat kekuatan dan upaya yang perlu dilakukan oleh pengendara. Konon, langkah dan gaya berjalan kuda juga memainkan peran penting. Seekor kuda dengan canter yang halus dan menggelinding bisa lebih mudah untuk diseimbangkan daripada pony trot yang pendek dan bergelombang.

 

4. Postur yang Lebih Baik

Jika ada waktu untuk menjadi lebih percaya diri, itu adalah saat menunggang kuda. Postur tegak, postur yang benar dan tulang belakang yang netral penting dalam olahraga berkuda dan membantu memastikan pengendara diposisikan dengan benar di pelana. Postur tubuh yang buruk akan menyebabkan ketegangan pada leher dan punggung bagian atas serta mempengaruhi postur kuda. Berkendara dengan postur yang salah dari waktu ke waktu dapat menyebabkan sakit punggung dan cedera.

Tentu saja, menjaga postur tubuh yang baik penting untuk kehidupan secara umum dan harus menjadi fokus setiap saat. Menunggang kuda dapat membantu Anda lebih sadar tentang bagaimana Anda memperbaiki tubuh bagian atas sehingga Anda dapat lebih memperhatikannya, baik ketika berkuda maupun di luar olahraga.

 

5. Refleks yang Lebih Baik

Kuda umumnya termasuk dari jenis hewan yang tidak terduga pergerakannya. Anda tahu, seperti teman yang baru saja muncul di depan pintu Anda tanpa peringatan.

Oke, Intinya adalah kewaspadaan, terkadang kuda dapat bergerak karena kaget, dll, Anda akan memiliki waktu sekitar sepersekian detik untuk memutuskan bagaimana harus bereaksi. Itu berarti otak Anda kemungkinan tidak akan terlalu terlibat sehingga insting dan refleks Anda yang menentukan.

 

6. Kekuatan melalui ‘Pekerjaan Kuda’

Mendorong gerobak melewati salju adalah pekerjaan KERAS!

Berkuda adalah satu hal, tetapi itu hanya sebagian kecil dari kegiatan yang mengisi hari-hari para penunggang kuda. Membersihkan kandang, memuat kantong-kantong besar pellet dan rumput ke dalam wadah penyimpanan, mengangkat pelana kembali ke rak dinding. Disadari atau tidak, tugas dan aktivitas gudang membutuhkan kekuatan otot yang nyata, dan melatih Anda untuk menjadi pekerja keras.

 

7. Manfaat Psikologis

Seekor kuda bukanlah psikiater, tetapi saya sangat yakin bahwa kuda dapat berkontribusi positif bagi kesehatan mental siapa pun. Berada di sekitar kuda tidak hanya berarti menghabiskan waktu di luar dan aktif secara fisik, tetapi juga menawarkan pengalaman dan wawasan, tidak seperti aktivitas olahraga atau rekreasi lainnya.

 

Ikatan dan Persahabatan dengan Kuda

Membangun hubungan dengan kuda membutuhkan waktu, seperti halnya dengan manusia. Tetapi dengan rasa saling percaya dan rasa hormat serta serangkaian pengalaman positif bersama, biasanya ikatan akan berkembang, dan itu akan berkontribusi pada kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

 

8. Mengajarkan Kesabaran dan Ketekunan

Seperti yang telah kita bahas dalam artikel kami Apakah Menunggang Kuda Mudah Dipelajari, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadi penunggang kuda yang baik. Salah satu bahan utama, dan sesuatu yang hampir setiap penunggang kuda yang pernah saya temui berjuang dengan di beberapa titik, adalah kesabaran. Mengajarkan diri kita sendiri dan keterampilan baru kuda tidak dilakukan dalam semalam dan seringkali membutuhkan banyak pengulangan dan latihan. Terkadang kemajuan yang kita buat sangat bertahap sehingga kita bahkan tidak menyadari ketika segala sesuatunya bergerak ke arah yang benar kecuali kita secara konsisten melacaknya dan meluangkan waktu untuk melihat kembali ke tempat kita memulai.

Jika Anda ingin pergi ke mana pun sebagai pengendara, ketekunan adalah keterampilan yang pasti Anda butuhkan dan sesuatu yang mungkin juga berguna bagi Anda dalam aspek kehidupan lainnya. Dalam pengalaman kami, orang-orang di komunitas penunggang kuda kadang-kadang dipandang memiliki ketegasan dalam bersikap.

 

9. Keseimbangan Mental dan Manajemen Stres

Menunggang kuda membutuhkan sebagian besar perhatian Anda untuk tetap aman dan memandu kuda ke mana ia harus pergi. Efek samping yang luar biasa dari ini adalah bahwa berkuda memungkinkan Anda untuk melepaskan diri dari stres dan kekhawatiran dalam hidup Anda saat Anda fokus pada kuda dan lingkungan Anda.

 

Tentu, masalah Anda akan tetap ada ketika Anda kembali ke rumah untuk pulang, tetapi pikiran Anda telah diistirahatkan dan tingkat stres Anda berkurang selama waktu ketika pikiran Anda sibuk di tempat lain. Keluar dari spiral pikiran negatif, jauh dari sumber stres dan keluar di alam dan udara segar semua dapat melakukan keajaiban dan kesegaran dalam berpikir.

 

10. Berkontribusi untuk Kebahagiaan

Studi menunjukkan bahwa menunggang kuda meningkatkan kadar hormon serotonin yang meningkatkan suasana hati lebih dari jenis latihan lainnya (sumber) dan ini mungkin tidak mengejutkan bagi penunggang kuda berpengalaman. Menghabiskan waktu di kandang kuda dan menunggang kuda sering kali dapat berkontribusi untuk mengangkat suasana hati seseorang, baik karena Anda aktif secara fisik tetapi juga karena Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai dan sesuatu yang membantu Anda melepaskan diri dari pikiran negatif atau perasaan stres.

 

Manfaat Pengembangan Pribadi

Tapi tunggu, masih ada lagi! Manfaat menunggang kuda tidak berakhir pada fisik dan psikologis, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan dan kemampuan pribadi. Inilah salah satu alasan mengapa kami percaya ini adalah kegiatan yang luar biasa bagi anak-anak – kuda-kuda mengajari mereka begitu banyak pelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

11. Kedewasaan dan Rasa Tanggung Jawab

Baik Anda memiliki, menyewakan, atau hanya sesekali mengikuti kursus menunggang kuda, merawat kuda membutuhkan tingkat kedewasaan tertentu. Memiliki seekor kuda ‘dalam perawatan Anda’, bahkan hanya untuk beberapa jam, adalah tanggung jawab besar dan berarti Anda bertanggung jawab atas kesejahteraan kuda itu selama waktu yang Anda habiskan bersamanya. Khususnya bagi anak-anak dan remaja, ini bisa menjadi pengalaman yang merendahkan hati dan pelajaran yang luar biasa. Saya ingat dengan jelas masa remaja saya ketika saya dengan sangat enggan harus mengorbankan waktu bersama teman-teman pada Sabtu malam untuk pergi ke kandang untuk makan malam. Saya tentu tidak mau, tetapi itu adalah tanggung jawab saya untuk menyelesaikannya.

 

12. Belajar dan Hal Baru

Belajar Kuda Nama yang dipilih secara acak. Faktanya adalah, tidak peduli berapa banyak pengalaman yang Anda miliki dengan kuda, selalu ada lebih banyak untuk dipelajari dan perspektif baru untuk ditemui. Ini adalah salah satu hal yang saya sukai dari olahraga berkuda. Anda tidak pernah benar-benar selesai. Suatu hari Anda berpikir berbeda tentang sesuatu dan berikutnya Anda bertemu seseorang dengan pandangan yang sama sekali atau yang menggunakan teknik yang sangat berbeda dengan Anda sendiri. Penunggang kuda terbaik seringkali adalah mereka yang menjalankan terbuka dan menerapkan saran terbaik dari berbagai sumber.

 

13. Memperluas Lingkaran Sosial dan Membangun Keterampilan Sosial

Meskipun menunggang kuda terutama merupakan olahraga individu, kegiatan di sekitar berkuda biasanya melibatkan sedikit interaksi manusia yang baik, terutama jika Anda mengikuti kelas atau menunggang kuda yang dikandangkan di pusat berkuda setempat.

 

Dalam konteks ini, Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di lokasi yang sama dengan orang lain yang menikmati melakukan hal yang sama persis seperti yang Anda lakukan.

Bagi anak-anak dan remaja, ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mengenal orang lain di luar kegiatan sekolah reguler mereka dan menurut pengalaman kami, kehadiran kuda cenderung meringankan suasana dan membuat koneksi cukup mudah.

 

14. Bersaing – Menghadapi Kekecewaan

Setelah menguasai keterampilan dasar menunggang kuda, seorang penunggang kuda dapat memilih untuk berpartisipasi dalam kompetisi dalam disiplin yang disukainya. Sebelum acara, pengendara perlu menetapkan tujuan, mempersiapkan baik dalam hal berkuda dan logistik dan mungkin menghadapi beberapa tingkat stres dan kegugupan. Setelah acara tiba saatnya untuk memproses dan menganalisis hasilnya.

 

Karena menunggang kuda adalah olahraga individu, menghadapi hasil kompetisi yang mengecewakan bisa lebih sulit daripada olahraga tim di mana anggota tim saling mendukung, dan kerugian ditanggung oleh semua orang secara kolektif. Membangun kapasitas untuk menerima bahwa segala sesuatu tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan dan kemampuan untuk mengambil pelajaran yang kondusif untuk pertumbuhan dan pembelajaran di masa depan, merupakan keterampilan penting untuk mempertahankan motivasi dan dorongan.

 

15. Mengatasi Ketakutan

Ketakutan adalah perasaan yang sangat mungkin Anda temui sebagai penunggang kuda. Apakah Anda takut kuda dan gugup untuk memulai menunggang kuda atau Anda mengalami kecelakaan dan terlempar, menghadapi rasa takut hanyalah salah satu dari hal-hal yang perlu Anda hadapi dan dorong.

 

Melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan memasuki sesuatu yang baru dan tidak pasti itu menakutkan, tetapi imbalannya sepadan (menurut pendapat saya 100% tidak bias) dan membantu Anda maju dan membangun kepercayaan diri Anda.

 

Jika Anda mempertimbangkan untuk mencoba menunggang kuda tetapi ragu untuk memulai, lihat artikel kami ‘Apakah Menunggang Kuda Menakutkan’ di mana kami membahas mengapa beberapa orang menganggap menunggang kuda mengintimidasi, tetapi juga bagaimana mengatasi tiga situasi berbahaya paling umum di atas kuda.

 

16. Keterampilan memecahkan masalah

Merawat kuda Secara terus menerus pada dasarnya berarti Anda memiliki tahapan yang lebih tinggi dalam pemecahan masalah. Dari perbaikan di sekitar kandang hingga mencoba dan gagal dan mencoba lagi untuk melatih kuda dalam segala hal mulai dari dasar hingga sopan santun dan gerakan kompleks di arena. Apa yang berhasil untuk orang lain mungkin tidak selalu berhasil untuk Anda dan penunggang kuda cenderung membangun kemampuan untuk mencari tahu.

 

17. Membangun Karakter

Ketika menggabungkan semua poin di atas, jelas betapa bermanfaatnya menunggang kuda dan bagaimana hal itu tidak diragukan lagi dapat berkontribusi untuk membangun karakter, ketahanan mental, dan kekuatan.

 

So. bagi Anda yang menginginkan belajar berkuda, menjalin persahabatan dengan kuda. silahkan bergabung bersama Kami JJ Equstrian Jogja. Yang bertempat di Modinan, Banyuraden, Gamping SLEMAN DIY

Layanan Kami :

  1. Les Berkuda
  2. Privat Berkuda
  3. Sewa Kandang
  4. Perawatan Kuda
  5. Konsultan Kuda Tunggang
  6. Jual Beli Kuda Tunggang Terlatih
  7. dll

Informasi : WA : 085755997700

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700