Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pakan Sehat untuk Kuda

Pakan Sehat untuk Kuda

Oleh : Atika Rachmi Febriani

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Sejak dahulu kuda dikenal sebagai hewan yang kuat. Manusia telah memelihara kuda selama ribuan tahun lamanya, khususnya untuk dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi. Di era modern ini pun kuda masih digunakan dalam berbagai bidang, misalnya olahraga.

Pakan Sehat untuk Kuda

Hewan herbivora ini memiliki bagian kepala yang berbentuk bulat memanjang disertai dengan bentuk garis di bagian tengah, badannya memiliki perototan dan juga bentuk yang sangat padat. Bagian kaki dan paha kaki memiliki tulang dan perototan yang menonjol. Berat rata – rata kuda dewasa mencapai 380-1.000 kg dan memiliki tinggi badan dewasa mencapai 1,4 -1,8 meter. Kecepatan berlari mencapai 40-48 km/jam. Bagian ekor kuda memiliki bulu berwarna kehitaman bahkan kombinasi dengan panjang 4-6 cm. Kuda mampu bertahan hidup sekitar 25 – 30 tahun dengan periode gestrasi 11-12 bulan.

Kuda merupakan salah satu hewan jenis monogastrik, yaitu sistem pencernaan dengan lambung tunggal sehingga Pemberian pakan pada kuda perlu dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh diberikan secara langsung dengan porsi yang terlalu banyak. Lebih baik frekuensi pemberian pakannya yang diperbanyak dari pada kuantitasnya. Namun, perlu diingat bahwa tepat sebelum dan sesudah latihan keras, kuda tidak boleh dibiarkan  makan karena kemungkinan besar mereka akan menderita sakit perut.

Kuda membutuhkan energi untuk bisa berlari cepat dan melakukan aktivitasnya seharihari, itulah alasannya kenapa kuda butuh makanan yang mengandung sumber energi tinggi. Selanjutnya makanan kuda yang mengandung sumber mineral dan vitamin. Seperti kita ketahui selain energi, kuda butuh tersedianya mineral dan vitamin dalam makanannya. Untuk pakan kuda sumber mineral dan vitamin ini dapat diperoleh dengan pemberian pakan jenis sayursayuran dan jenis pakan buah-buahan. Namun perhatikan keasaman dan tingkat kemanisan buah. Makanan kuda yang mengandung serat tinggi juga dibutuhkan kuda. Hal ini karena sistem pencernaan kuda berevolusi dalam memproses rumput, jadi butuh yang tinggi serat dan curah. Selain itu sebaiknya diperhatikan makanan kuda yang mudah dicerna serta keamanannnya terjamin agar tidak menyebabkan penyakit serius.

Pakan kuda dapat terbagi menjadi 3 jenis yaitu jenis hijauan, konsentrat, dan suplemen. Jenis pakan hijauan yaitu makanan pokok kuda, terdapat hijauan yang masih berbentuk rumput

segar dan sudah dikeringkan seperti hay, alfafa, dan berbagai jenis rumput. Pada jenis pakan konsentrat sebagai sumber energi yang mudah dicerna dan mengandung serat antara lai grain, musli, bran, oat, dan jagung. Selain serat yang cukup, kuda juga membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral yang termasuk ke dalam suplemen. Suplemen tambahan yang dapat diberikan kepada kuda antara lain biuah-buahan, sayuran, minyak ikan, minyak jagung, dan molasses. Tidak hanya makanan, kuda juga tentunya membutuhkan air minum 40-45 liter/hari tergantung dari cuaca, pergerakan aktivitas, umur, dan jenis badan pakan. Pengambilan air yang cukup dan setiap waktu oleh kuda adalah hal penting. Kekurangan air dalam pakan adalah penyebab utama ganggaun pada pencernaan.

Dan jika kuda dalam keadaan tidak sehat, pengobatan herbal tradisional juga merupakan cara yang baik untuk menyembuhkannya. Anda bisa membelinya di UD Juragan Jamu Jogja.

Baca Juga : Obat cacingan pada kuda 

Referensi

Ayobudidaya. 2019. Makanan Kuda yang Paling Disukai. Tulisan pada https://ayobudidaya.com/peternakan/makanan-kuda/

Soehardjono, O. 1990. Kuda. Jakarta: Yayasan Pamulang Equestrian Centre

Suparman. 2007. Beternak Kuda. Surabaya: JP Books

Vogel, C. 2011. Complete Horse Care Manual. London: DK Publishing

Wikifarmer. Cara Memberi Makan Kuda. Tulisan pada https://wikifarmer.com/id/caramemberi-makan-kuda/

Wikipedia. 2021. Kuda. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kuda

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700