Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Wisata Edukatif Berkuda Untuk Anak Anak di Jogja

Table of contents: [Hide] [Show]

Wisata Edukatif Berkuda Untuk Anak Anak di Jogja – Berkuda ternyata punya banyak manfaat positif bagi kesehatan, terutama tumbuh kembang psikis dan mental anak – anak. Mengenalkan sejak dini olahraga berkuda pada anak-anak  adalah hal yang sangat baik. Bahkan menurut penelitian dapat membantu melatih rasa percaya diri dan keberanian si kecil.

Sejumlah manfaat terungkap rahasia menunggan kuda  bagi kesehatan jasmani dan rohani.  terkait aktivitas berkuda, selain berguna bagi kesehatan terutama keseimbangan otot pada pinggul, punggung dan juga jantung, serta melatih mental, bahkan bisa  melatih perkembangan perilaku anak.

Hasil Riset

Para peneliti dari Tokyo University of Agriculture mengungkapkan, getaran saat berkuda dapat mengaktifkan sistem saraf – saraf simpatik otak. Hal ini berarti saat anak-anak berkuda maka kemampuan kognitif mereka bisa terpacu dan berkembang lebih baik.

Para peneliti memeriksa efek dari menunggang kuda dengan pelana pada anak – anak. Mereka kemudian menguji kemampuan respons anak – anak secara sederhana dan juga tes matematika, sebelum dan sesudah berkuda.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam merespons situasi dan kondisi, ambil tindakan, dan menunjukkan pengendalian diri. Anak-anak juga harus menyelesaikan soal- soal matematika sederhana untuk mengetes kinerja mental mereka.

Studi yang muncul di halaman Frontiers in Public Health mengungkapkan, olahrga berkuda sangat meningkatkan kemampuan anak melakukan tugas yang berhubungan dengan perilaku.

Namun, hasil itu ternyata kurang signifikan ketika mereka menghadapi dan memecahkan soal-  soal pelajaran matematika.

Menurut penelitian mereka, hasil ini berarti bahwa menunggang kuda  benar-benar dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang mengarah kepada ingatan mereka, mengarah kepada proses pembelajaran, dan menyelesaikan  masalah dengan jauh lebih baik.

Dan menurut salah satu yang peneliti, yaitu Profesor Mitsuaki Ohta, “Gerakan panggul kuda dapat memberikan masukan motorik dan sensorik ke tubuh manusia.”

 

Kemudian ketika anak anak sedang berinteraksi dengan kuda tunggangannya  juga melatih percaya diri dan tanggung jawab pada mereka. Contoh dengan kegiatan menuntun kuda sambil berjalan saat melakukan pemanasan sebelum naik kuda. Ada ikatan emosional yang timbul antara  mereka.

Menunggang kuda juga dapat meningkatkan keberanian saat berhasil mengendalikan kuda. Interaksi antara anak dan hewan ini sangat berdampak positif pada tumbuh kembang anak.

Menurut satu sumber, umur ideal yang  paling tepat untuk memperkenalkan si anak berkuda adalah ketika mencapai umur 6 tahun. “Pada usia itu, tulang punggung si anak sudah kuat dan kokoh,”

Selain bentuk postur tubuh yang sudah mendukung, dari sisi psikis anak usia 6 tahun dianggap sudah bisa fokus dan mampu berpikir baik. Karena  berkuda memerlukan fokus tinggi. “Orang yang menunggangi kuda perlu fokus mengatur posisi badan agar tidak jatuh,” .

Saran sebelum berkuda

  1. Pakailah perlengkapan keamananyang lengkap seperti helm, sepatu khusus berkuda, kaca mata dan pelindung sikut serta sarung tangan.
  2. Ketika hendak mulai latihan menunggang kuda, hendaklah mendekat ke arah kuda dari samping bukan dari arah depannya. Karena itu adalah titik letika kuda tidak bisa melihatnya. Dan harus menghindari mendatangi kuda dari arah belakang mereka karena kuda adalah hewan yang selalu waspada hingga dikhawatirkan akan kaget dan menendang.
  3. Saat naik gunakan bantuan tangga agar lebih aman dan si kuda merasa lebih tenang
  4. Duduklah dengan tenang dan gunakan kedua betis untuk menjepit dan menekan dengan lembut ke perut kuda.
  5. Selalu focus dalam setiap langkah.

 

Wisata Edukatif Berkuda Untuk Anak Anak di Jogj, Lokasi wisata berkuda JJ STABLE sangatlah dekat dengan pusat kota jogja, tentunya banyak fasilitas umum disekitar JJ Stable seperti minimarket, hotel, rumah makan dll sehingga sobat bisa menikmati wisata di jogja dengan nyaman.

Sobat berminat ?

silahkan hubungi kami

WA : 0857.5599.7700 

 

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700