Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

6 Manfaat Berkuda Untuk Anak Anak

6 Manfaat Berkuda Untuk Anak Anak – Menunggang kuda  memang bukan olahraga umum yang biasa kita lihat sehari- hari seperti bersepada, berenang, sepak bola ataupun bermain bulu tangkis. Namun, setelah mencobanya, banyak anak – anak yang menyukai dan menfavoritkannya.

Meski bukan olahraga biasa ternyata menunggang kuda sangat baik untuk usia anak-anak, terutama untuk faktor kesehatan dan psikologis anak. Apa saja, Bunda ?

Berikut ulasan dari manfaat Menunggang Kuda untuk anak – anak.

6 Manfaat Berkuda untuk Anak

  1. Meningkatkan Kesehatan fisik

Semua orang tua  pasti setuju bahwa aktivitas fisik di luar ruangan sangatlah penting untuk membantu perkembangan anak yang optimal. Nah Bunda, olahraga berkuda menjadi salah satu olahraga yang unik, menarik, menantang, sekaligus membahagiakan  yang bisa dilakukan anak di ruangan bebas terbuka. Menunggang kuda merupakan olahraga yang mengharuskan semua otot – otot tubuh berrgerak, bekerja untuk membangun ketahanan, kekuatan, stamina dan adanya gerakan koordinasi semua anggota tubuh bisa membantu meningkatkan fungsi dan kesehatannya.

  1. Meningkatkan kestabilan mental

Selain itu, ikatan emosional yang terjalin antara si penunggang dan kuda juga memiliki manfaat psikologis yang cukup signifikan untuk si kecil. Sebab, beberapa kajian ilmiah menunjukkan bahwa hubungan manusia dan hewan yang dekat dapat membantu meringankan dan mengurangi kecemasan serta mampu mengontol emosi dengan lebih baik.

 

  1. Melatih interaksi sosial

Dengan berkuda di sekolah atau klub berkuda, si anak akan mengalami interaksi sosial dengan siwa lainnya yang datang antara anak dengan teman-temannya di dalam klub atau pelajaran berkuda di sekolahnya  juga baik untuk perkembangan otak si anak. Hal ini memberikan kesempatan anak Anda untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain dari lingkungan yang berbeda. Kondisi ini memungkinkan anak akan membentuk hubungan sosial pertemanan antara meraka.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Kemampuan untuk menunggang dan mengendalikan kuda besar yang menantang dapat memberikan dorongan kepercayaan diri yang besar kepada seorang anak dan meningkatkan harga diri mereka. Menurut ahli kiropraktik Keith Maitland, ikatan kuat yang tercipta antara kuda dan penunggangnya juga dapat memberi mereka rasa memiliki yang akan membantu meningkatkan kepercayaan diri di dalam interaksi sosial lainnya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Berkuda adalah olahraga yang membutuhkan banyak factor pendukung, selain ketahanan fisik dan kinerja otot – otot tubuh juga membutuhkan kosentrasi tinggi ketika berada diatas pelana kuda, karena sedikit aja lengah akan membuat anak kerepotan dalam mengndalikan kuda.

  1. Melatih sikap bertanggung jawab

Olahrga berkuda menjadi salah satu cara baik untuk melatih anak agar bisa bertanggung jawab terhadap hal yang dilakukannya. Rasa tanggung jawab ini sering kali bisa mereka dapatkan ketika berkuda, misalnya ketika si kecil berusaha untuk  memberi makan kuda, merawat kebersihan kuda dan kandangnya, hingga menyapu kotoran kuda, dan  saat mereka memperhatikan perilaku dan kesehatan kudanya. Anak juga akan mempelajari pentingnya  sikap disiplin, rasa hormat, dan kasih saying terhadap hewan peliharaan.

Penelitian para ahli dari  Tokyo University of Agriculture menyebutkan bahwa menunggang kuda dengan duduk di pelana dapat mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan memori. Mereka meneliti reaksi dari berkuda pada kinerja anak-anak. Setelah membandingkan hasil tes kemampuan otak anak-anak sebelum dan sesudahnya. Anak-anak yang berkuda mengalami banyak peningkatan dalam pelajaran, meningkatnya memori, dan lebih mampu dalam pemecahan masalah. Seorang Profesor yang bernama Mitsuaki Ohta mengatakan, gerakan panggul saat berkuda dapat memberikan rangsangan motorik dan sensorik ke tubuh manusia. Hal itu akan mengaktifkan sistem saraf simpatik di otak yang bekaitan dengan pembelajaran dan memori tadi. Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Public Health ini menyimpulkan, berkuda dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Saat mengendarai kuda, otak akan berkoordinasi dengan gerakan kaki dan tangan. dengan rutin berkuda dapat membuat anak lebih cerdas dan unggul di sekolahnya.

Bahkan berkuda juga sangat membantu kesembuhan bagi anak anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Bagaimana Bunda ?

Tertarik Mencobanya ?

Silahkan Segera hubungi kami JJ STABLE JOGJA

wa.me/+6285755997700

Modinan, Banyuraden, gamping, Sleman. DIY

Layanan di JJ Stable Jogja

  1. Sekolah Berkuda
  2. Pelatihan Kuda Belo, kuda pemula, kuda bermasalah dll
  3. Jasa Sewa Kandang
  4. Jasa Perawatan Kuda
  5. Jual Beli Kuda Tunggang Bergaransi
  6. Wisata Tunggang
  7. Wisata Bendi
  8. Jual Perlengkapan Berkuda
  9. Jual Grajen kayu alas kandang
  10. Terapi Kesehatan
  11. Memanah
  12. HBA
  13. Konsultan Perkudaan
  14. Dll
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Silahkan Chat WA 085755997700